Jumat, 16 Oktober 2015

Perilaku Organisasi - Pertemuan ke-3



Organisasi adalah suatu sistem yang terdiri dari pola aktivitas kerjasama

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sekumpulan orang-orang dapat dikatakan sebagai organisasi jika memenuhi 4 unsur pokok (Shopiah 2008) yaitu :
a.       Organisasi itu merupakan sistem
b.      Adanya suatu pola aktivitas
c.       Adanya sekelompok orang
d.      Adanya tujuan yang telah ditetapkan

Orang bodoh kalah dengan orang pinter, kalah dengan orang bener, kalah dengan orang kebeneran

Beberapa definisi lain yang dapat dijadikan perbandingan pengertian organisasi yang lazim digunakan dalam kepustakaan administrasi manajemen dan organisasi adalah sebagai berikut :
a.       DR. Sondang T. Siagian mengemukakan bahwa organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara 2 orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terkait dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan, dalam ikatan yang didalamnya terdapat seorang/beberapa orang yang disebut bawahan.
b.      Prof. DR. Prayudi Atmosudirjo (1976) menuturkan bahwa organisasi adalah struktur tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Dari perspektif administrasi dan manajemen, dalam setiap organisasi selalu ada seseorang atau beberapa orang yang bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan sejumlah orang yang bekerjasama dengan segala aktivitas dan fasilitasnya. Dalam banyak hal, orang yang bertanggungjawab tersebut harus mengkoordinasikan beragam kegiatan sekumpulan orang yang lazimnya merupakan kepentingan berbeda, ketentuan-ketentuan yang seharusnya disetujui bersama oleh semuanya dan bahkan mungkin terpaksa disetujui. Hal ini jelas terlihat dalam organisasi yang besar, seperti departemen dilingkungan pemerintahan, perusahaan Negara, pemerintah Daerah, dan sebagainya. Dengan perkataan lain, pengertian organisasi menjadi makin kompleks strukturnya menjadi rumit, dan tingkat formalitas menjadi makin besar. Semua itu pada akhirnya akan sangat mempengaruhi setiap orang yang bekerja sama dalam organisasi demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar